1,2,3,4,5


"Siblings are the people we practice on, the people who teach us about fairness and cooperation and kindness and caring quite often the hard way." Pamela Dugdale

Punya anak 5 merupakan tantangan buat saya yang lahir sebagai anak tunggal. Untung punya suami yang punya saudara berjumlah 6 sehingga bisa meminta referensi darinya. Tapi tentu 1,2,3,4,5 punya karakter masing-masing yang membuat kami sebagai orangtua harus punya ilmu 1,2,3,4,5 supaya tidak gagal paham...hahaha. 1,2,3,4,5 telah mengajarkan kami seni tentang apa itu keadilan, kerjasama dan perhatian. Bayangin mereka lahir dari kultur Sumatra, Jawa dan Sulawesi yang masing-masing punya karakter kuat dari Sumatra dan Sulawesi dan diimbangi oleh karakter Jawa yang lembut. Klop!

"Siblings: children of the same parents, each of whom is perfectly normal until they get together" Sam Levenson

Setiap hari adalah masa belajar tidak hanya kami sebagai orangtua 1,2,3,4,5 tapi diantara mereka juga adalah masa belajar membangun kekuatan sebagai saudara. Mulus? Tentu tidaklah. Yang 1 dan 2 tidak mau ditempeli oleh 3,4 dan 5. Yang 5 tidak mau diganggu yang 2. Yang 2 usil sama yang 4. Yang 5 pengen peluk2 terus 3. Yang 4 dan 5 ribut terus. Yang 1 ngemong banget yang 5. Dan seterusnya...Dan yang namanya belajar, kadang dapat "angka" bagus ataupun jelek. Tapi kami tidak putus asa untuk terus belajar bersama.

Ada masa ketika 1,2 dan 3 melewatkan hari-harinya belajar di pondok yang berbeda. Masa dimana mereka hanya bisa berkumpul dengan 4 dan 5 pada saat liburan yang artinya 6 bulan sekali. Ditambah ketika 1 dan 2 harus mukim dan menjalani pengabdian yang berarti mereka tidak bertemu dengan 3,4 dan 5 untuk liburan bersama. Tetapi alhamdulillah, ketika mereka bersama ya tetap rame dan ribut...hahaha. 

Sekarang 1 sedang memperdalam bahasa Arab dan belajar ilmu komunikasi dan penyiaran Islam disini, 2 sedang mempersiapkan lamaran beasiswanya ke Australia dan Brunei, 3 masih melanjutkan belajar di pondok, 4 sedang mempersiapkan diri untuk belajar di pondok tengah tahun ini dan 5 belajar memperdalam Al Qur'an dan ilmu pengetahuan umumnya di sebuah sekolah Islam disini.

"Like branches on a tree we grow in different directions yet our roots remain as one. Each of our lives will always be a special part of the other." Anonymous

Kelak mereka akan meneruskan jalan hidupnya masing-masing. Kami sebagai orangtua akan selalu mengiringi langkah-langkah mereka dengan do'a...InsyaAllah.









Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?