Ayo Mewarnai!


Saya terkesima ketika Bored Panda menampilkan Johanna Basford, seorang ilustrator berbakat dari Inggris yang berhasil menjual jutaan eksemplar buku mewarnai untuk orang dewasa. Ya, buku mewarnai untuk orang-orang seumuran saya. Dan setelah berselancar sana-sini, saya baru tahu kalau ternyata banyak buku-buku mewarnai serupa yang digambar oleh para ilustrator dengan gaya mereka masing-masing dan itu untuk orang dewasa, bahkan ada yang memang betul-betul untuk konsumsi orang "dewasa" :-)

Saya coba lihat buku-buku mewarnai itu dibeberapa situs online dan hmm...ternyata tidak terlalu mahal. Tapi semenjak saya tidak punya kartu kredit, saya tidak bisa memesan buku-buku itu secara online. Jadi menunggu saja sampai ada keajaiban...yaitu ada orang yang berbaik hati membelikannya atau menunggu kalau saya berkunjung ke toko buku besar yang tidak berada di kota saya. Bicara soal keajaiban, saya pernah iseng posting masker snorkeling terbaru di Facebook dan tidak beberapa lama, teman baik saya di Belanda menghadiahkannya untuk saya...apa itu bukan sebuah keajaiban...hahaha.

Ketika Idris ulang tahun, saya menghadiahkannya alat-alat mewarnai, mulai dari spidol warna, pensil warna sampai krayon dan dengan koleksi warna diatas 36. Idris lebih senang menggambar dibandingkan mewarnai. Waktu Idris ingin membuat origami, dia menemukan kertas origami yang bisa diwarnai. Kertas2 origami ini sudah lama tersimpan dan belum sempat diwarnai.
Ayo mewarnai! Karena memang lagi menemani Idris berkegiatan, sayapun ayo saja ketika Idris mengajak saya mewarnai kertas-kertas origaminya. Saya dan Idris memilih gambar yang sama. Ditengah mewarnai, Idris punya ide untuk tukaran. Bagus juga idenya. Dan kamipun berganti kertas gambar yang sudah separuh diwarnai. Ketika hampir selesai, Idris sudah mulai bosan dan meminta tolong saya menyelesaikannya. Sayapun mengiyakan dan Idris tetap menemani saya mewarnai. Dan kamipun banyak bercerita tentang warna-warna di dunia. Tentang si Panda berbaju hijau dan berlengan merah. Penuh fantasi dan sungguh menyenangkan. 

Dan urusan mewarnaipun selesai. 
Hari itu saya dan Idris belajar tentang banyak hal. Tentang filosofi warna, kehidupan binatang, komunikasi, kolaborasi dan pentingnya untuk saling mendukung.

Sayapun teringat kembali karya-karya Johanna Basford. Iseng berselancar dan ternyata koran online The Guardian, menawarkan beberapa lembar karya Johanna Basford dalam bukunya Secret Garden untuk didownload gratis. Uhuy!
Ayo mewarnai! Dan temukan keajaiban warna-warna kehidupan hasil kolaborasi anda dan tangan2 artis bertalenta. Dan saya menikmati kegiatan itu sambil menunggu keajaiban untuk dapat punya buku karya terbaru Johanna Basford, The Lost Ocean :-)





Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru