Pramuka

Siapa pernah ikut pramuka?

Saya, salah satunya. Orangtua saya adalah pembina pramuka. Mereka memilih gerakan pramuka semenjak usia sekolah dan masih setia hingga sekarang. Saya ikut pramuka tentu pertama karena orangtua. Begitu banyak cerita menarik tentang pramuka termasuk sejarahnya yang saya dapat dari orangtua maupun buku2. Kalau suka berpetualang, ikutlah pramuka. Kalau ingin belajar berorganisasi tanpa bau politik, jawabannya...ikutlah pramuka.

Pramuka membuat saya fasih dalam urusan tali-temali hingga pengetahuan alam terbuka. Sayapun bercita-cita untuk ikut jambore dunia. Tapi toh akhirnya kegiatan pramuka saya terputus ditengah jalan. Fasilitas berlebih yang diperoleh dari perusahaan multinasional, membuat saya merasa gerakan pramuka kehilangan "taste"nya. Untuk urusan berkemah, urusan suplai makanan tinggal order didapur perusahaan. Urusan jambore daerah, perlengkapan diangkut dengan pesawat carteran.

Orangtua tampak kecewa ketika saya memilih bermain dilaut tanpa embel2 pramuka bahari. Buat mereka, pramuka adalah warisan. Kalau saya tidak meneruskan, kepada siapa mereke akan mewariskannya...wong saya anak satu2nya. Tapi kekecewaan mereka terobati karena sepupu2 saya juga aktif digerakan pramuka. Mereka cukup bangga ketika sepupu2 saya mulai berkeliling dunia mengikuti jambore. Buat catatan, sepupu2 saya tinggal didaerah Jawa yang gerakan pramukanya cukup aktif dan tentu punya "real taste".

Orangtua saya kini bisa tersenyum karena warisan itu jatuh kecucu2nya. Alhamdulillah anak2 saya punya kesempatan untuk ikutan gerakan pramuka versi "bule". Senang? Tentu saja...lha wong tidak ada urusan menghapal ini-itu, mengejar kakak pembina untuk tandatangan buku saku dan sebagainya.

Tanggal 1 Agustus kemaren, usia Gerakan Pramuka dunia telah memasuki usia satu abad.
Tanggal 14 Agustus, diperingati sebagai hari Pramuka Nasional. Selamat Hari Pramuka!

Comments

Nina said…
Aku juga dulu ikutan Pramuka mbak. Adikku malahan dulu aktif bgt, jadi Pinru terus sampai Jambore Internastional. Selamat Hari Pramuka !!!
Anonymous said…
wah suka banget ikut Pramuka. Sejak kelas satu SD. Sebagian karena Pembinanya pintar bikin anak tertarik, sebagian lainnya karena kebanyakan baca buku petualangan :D

--durin--
bril said…
waktu SD pernah ditodong jadi kakak pembina, gara-gara di SD-ku gak ada kakak pembina yg lain. ya udah, adik2 diajarin nyanyi dan baris berbaris thok. gak bisa pelajaran yg lain, soalnya :D
--ambar-- said…
harus diakui pramuka juga membantu menemukan bakat alam saya yang terpendam
eva said…
sampai smp saya masih seneng ikut pramuka. sma, sudah kehilangan semangat karena punya kegiatan lain. banyak kenangan menarik di pramuka. salah satunya malah sempat membuat saya berniat membuat buku cerita anak2 saking berkesannya.
dodski said…
sudah cukup aktif di rotaract, rotex, pcmi serta relawan AFS. siiiibuukkk.... mana sempet ikut pramuka? hahaha :)
Linda said…
ikut pramuka dulu cuman sampe SMA. kuliah uda ngga bersenggolan lagi dengan yang bau2 pramuka :)
linda said…
linda ikut pramuka pas SD sm SMP mbak. gara2 ikut pramuka jadi punya pengalaman camping
cikal61 said…
dulu waktu sd saya disuruh ikut pramuka sama bapak..... tapi males jadi ndak lanjut.....

setelah masuk sma ketemu lagi sama pramuka, eh sampe sekarang masih suka :)

memang pramuka banyak manfaatnya, tapi sayang pramuka sekarang sdh kurang menarik lagi........
Yanti Wyant said…
Mampir and salam Pramuka :)

sama anak2ku juag aktif di Pramuka, yg gede dah boyscout first class and yg kecil masih cubscout webelos :).....Pramuka disini malah ortunya ikutan sibuk juga :)
nurani said…
eh baru saja berakhir jambore dunia di deket rumahku :)

aku nggak ikut jamboree, tapi ikut bantu masak untuk 319 kontingen indonesia, 2 hari sebelum pulang :D
atesyn said…
ayo mbak, mau dites Dasa Dharma Pramuka nih sama aku... masih apal gak?
madhusein said…
Mbak, lama tak menyapa. Sorry ya, kesibukan memerangkapku... Selamat atas studinya, selamat atas semuanya. Dan soal pramuka? Whaaa... aku dulu biangnya, terutama SMA. Aku jadi Penegak Bantara, lewat seri ujian 6 bulan dan inisiasi semalaman. Akhirnya dapat pangkat yang dari dulu didambakan, bintang dua. Aku akhirnya memimpin Gugus Depan (Dewan Ambalan Penegak) di sekolah. What a memory....

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?