Sebut saja paus



Sering kita membaca atau mendengar tentang ikan paus atau ikan lumba-lumba. Sebenarnya secara biologis, paus dan lumba-lumba bukanlah ikan (pisces). Karena ikan memiliki ciri beranak-pinak dengan cara bertelur dan memiliki insang untuk bernapas. Sedangkan paus dan lumba-lumba termasuk keluarga mamalia yang melahirkan dan menyusui anaknya.



Karena paus dan lumba-lumba adalah mamalia yang berarti bernapas dengan paru-paru, maka setiap kali menyelam mereka harus mengambil napas dipermukaan. Ketika dipermukaan, paus atau lumba-lumba akan menyemburkan udara bukan air. Semburan udara itu bersuhu hangat dan karena suhu udara dipermukaan lebih rendah dibandingkan suhu udara yang disemburkan paus, maka tampak seperti semburan air.

Secara sistematis, paus termasuk dalam ordo cetacean, yang artinya hewan besar dalam bahasa latin. Paus dibedakan menjadi 2 jenis. Paus yang memiliki gigi dan yang tidak memiliki gigi tetapi memiliki jumbai2 (seperti sikat)sebagai pengganti gigi yang disebut baleen. Lumba-lumba sendiri termasuk dalam golongan paus yang memiliki gigi.

Perairan Indonesia hampir memiliki semua jenis paus atau paling tidak sebagai jalur migrasi paus2 yang menetap didaerah dingin. Luar biasa ya.


Jadi, panggil saja paus tanpa embel2 ikan ya...



Catatan :

Foto pertama diambil dari sini
Foto diambil dari sini
Gambar diambil dari sini

Comments

makudin2duin said…
pauuuss!!
hehe, i love whale so much!
wht abou u?
:)

knp nulis ttg paus nii?
i'm totally curious.. xp

oya, nice to know u..

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?