Mancala

Sepertinya kata mancala asing kedengarannya ya. Tapi kalau congklak atau dakon, hayooo siapa yang tidak pernah dengar. Mancala artinya sama dengan congklak atau dakon. Mancala sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya "to lose" atau kalah, maksudnya.

Menurut histori, permainan mancala ini berasal dari Mesir. Termasuk dalam permainan yang tertua didunia. Dibawa ke Indonesia oleh pedagang Arab. Permainan ini merupakan permainan menghitung dan strategi.

Waktu Azka ulang tahun kemarin, saya beliin dia mancala yang papannya dari bahan plastik warna-warni dan bisa dibongkar-pasang. Jadi praktis dibawa kemana-mana. Dari permainan ini, Azka bisa belajar tentang warna dan berhitung. Biasanya anak perempuan senang main mancala...siapa bilang. Si Abang juga demen dengan permainan ini. Apalagi kalau sudah ngincer buat nembak lubang lawan yang penuh dengan biji...wuih, semangat '45 deh.

Namanya juga anak2, biasanya khan tidak betah alias bosen dengan suatu mainan. Begitu juga Azka. Karena bosan, terus melihat adiknya mainin biji mancala disodok-sodok pakai buku kaya' main hockey akhirnya si Azka ikutan nimbrung mainan baru gaya adiknya. Sodok sana, sodok sini...walhasil, biji mancala kemana-mana alias nggak karuan juntrungannya.

Yang ada si Kakak dan Abang kesal tidak bisa maen mancala karena bijinya pada hilang. Untung hari Minggu kemarin waktu main di pulau, ritual saya mungutin kerang dan rumah keong di pantai tetap saya jalankan. Tak ada biji, rumah keongpun jadilah buat main mancala.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart