Are you practicing it?

Setelah menjemput Idris dari sekolah, kami lewat jalan utama yang berarti melewati kantor walikota dan pendoponya. Kendaraan tampak merayap. Sedang ada acara apa di pendopo walikota pikir saya. Dan tak lama tampak ibu-ibu bergaun putih dengan kerudung dengan warna senada atau motif yang sama keluar dari pendopo walikota. Oh, pasti ada pengajian.

Saya "kagum" bukan pada banyaknya ibu-ibu yang mengikuti pengajian, akan tetapi pada sampah yang berserakan dihalaman pendopo walikota. Sampah dari kotak konsumsi yang ditinggalkan para ibu-ibu pengajian itu. 

Saya jadi teringat ketika sering ditanya oleh orang asing yang menanyakan keyakinan saya. Biasanya pertanyaan akan berlanjut "Are you practicing it?" Saya baru sadar, karena agama tidak hanya urusan sholat, puasa, bersedekah dan lainnya. Tapi mengamalkan ajaran Islam dalam setiap sendi kehidupan termasuk tidak "mendzalimi" lingkungan.

Dan Idrispun mendengarkan celoteh ibunya yang tidak akan bosan bercerita mengenai sampah, kompos dan sikap manusia yang tidak perduli...

Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru