Menulis buku

Beberapa hari lalu saya menerima kiriman buku dari seorang teman. Sebuah karya hasil penelitiannya di Taman Nasional Baluran. Kalau tidak salah, ini bukunya yang kedua yang telah diterbitkan. Seorang peneliti yang tidak hanya rajin menulis untuk jurnal ilmiah tetapi juga untuk dipublikasikan secara umum. 

Ketika saya banyak melakukan kegiatan penelitian terumbu karang, jangankan mempublikasikannya dalam bentuk buku untuk umum, untuk kepentingan jurnalpun tidak saya lakukan. Hasil kegiatan hanya sebatas untuk laporan internal. Walaupun terbersit sih untuk berbagi pengalaman, menulis buku masih dalam sebatas keinginan.

Dan semakin banyak koleksi buku yang saya punya, semakin banyak pula keinginan saya untuk menulis. Keinginan untuk menulis buku berangkat dari alasan yang beragam. Mulai dari rasa cemburu karena buku-buku panduan identifikasi ikan ditulis orang asing dan diterbitkan oleh penerbit asing atau karena ingin menulis buku anak-anak yang menarik dan menyenangkan sebagai panduan mereka belajar. Dan dunia pendidikanlah yang telah membuat saya lebih dekat kepada cita-cita untuk menulis buku. 

Project buku pertama saya adalah buku origami khusus tentang binatang laut yang dipadukan antara diagram origami dan informasi ilmiah mengenai model binatang laut. Tahapan menggambar dan diagram sudah selesai tapi project ini terhenti karena secara etika, saya harus meminta ijin dari organisasi origami Jepang untuk setiap model lipatan. Dan hal itu belum juga saya selesaikan.

Project buku selanjutnya adalah ketika saya punya beberapa project small grants dan harus membuat buku kegiatan untuk kelas 5 sekolah dasar. Dalam setahun saya bekerjasama dengan beberapa teman, menulis 2 buku kegiatan yang berbeda. Ah, kegiatan ini semakin menyenangkan ketika saya berkolaborasi dengan beberapa volunteers.

Karena...

"When you speak, your words echo across the room. When you write, your words echo across the ages" - Chicken Soup for the Writers Soul author Bud Gardner




Comments

Dewi Aja said…
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart