PhD?

Setiap tahun tawaran itu selalu datang. Kembali ke Selandia baru untuk sekolah lagi? Hmm...rasanya ingin, tidak, ingin, tidak...begitu bergantian. Kaya' penyakit, sering kambuh...hehehe. Apalagi teman sejawat saya sudah ditahun kedua sebagai mahasiswa PhD di center yang sama, tempat kami menghabiskan masa-masa sebagai mahasiswa program master. Rasanya ingin sekali mengulang masa-masa menyenangkan itu.

Saya iseng membaca sebuah artikel yang disarikan dari buku berjudul the PhD Application Handbook karangan Peter J Bentley. Ada alasan baik dan buruk ketika seseorang memutuskan untuk mengambil PhD. Apakah alasan saya karena ingin membuka wawasan baru, berambisi mengambil tantangan untuk mencapai tahapan tertentu ataukah hanya karena teman-teman yang sudah mengambil PhD atau pula karena alasan pemberontakan dan ingin menunjukkan kemampuan pribadi?

Tidak ada larangan sedikitpun dari Abi jika istrinya ingin sekolah lagi. Hanya satu pesannya bahwa ilmu adalah amanah. Sekolah lagi berarti menambah amanah. Pesan ini yang selalu meredakan ketika keinginan untuk sekolah PhD kambuh.

Akhirnya saya curhat ke pembimbing saya dulu. Dia adalah orang yang tahu betul kemampuan saya dari segi akademis. Saya selalu ingat pesannya untuk realistis. Ingatan itu kembali saat saya memulai program master. Terus terang dia tidak tega membayangkan saya membawa bayi mungil melewati musim dingin di kampus. Tapi saya bandel dan meminta ijin membiarkan saya 3 bulan mencoba dan setelah itu saya boleh mengatakan apakah saya realistis atau tidak.

Kali ini dengan mudahnya saya mengikuti sarannya. Ternyata saya lebih realistis sekarang. Ya, PhD tidak untuk sekarang. Teringat candaan saya dengan Khansa dan Tsaqif. Sepertinya seru juga kalau kuliah bareng. Dan sepertinya saya tahu saat yang tepat untuk menjadi seorang mahasiswa PhD ;-)

Comments

alaya said…
ayooo sekolah lagi :)
masrafa.com said…
mbak,
aku mau ambil S2 aja masih maju mundur.

Kalo aku kek nya berat biaya sih. Jadi mending ngutamain biaya itu untuk sekolah anak2 dulu.

Mungkin nanti aku ambil S2, bareng sama Rafa masuk S1. Hehehe
zaskia said…
thanks sob untuk postingannya...
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
http://chaniaj.blogspot.com/

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?