Next trip

Sebenarnya saya tidak begitu tertarik menjelajah Eropa. Tapi teman saya berhasil melukiskan benua ini dengan kata2 yang membuat saya terpukau. Dan sebuah cuplikan film 99 Cahaya di Langit Eropa setelah bukunya, membuat saya mulai berpikir untuk membuat rencana berkelana bersama keluarga menjelajahi peradaban Islam di benua Eropa. Jadi lupakan dulu rencana berpetualang ke Benua Kangguru serta negara2 kecil yang bertaburan di selatan Samudra Pasifik.

Dan saya mendekati abi...
Saya: "Bi, pilih...kita enaknya bawa anak2 ke benua mana ya untuk menjelajah sambil belajar jejak peradaban Islam disana. Eropa deh kaya'nya".
Ucap saya dengan yakin si abi bakal mengangguk setuju. Pokoknya dia mah yang penting ada nilai2 Islam yang bisa dipetik sebagai pengalaman belajar untuk anak-anak, biasanya oke saja.
Abi tidak langsung komentar, mungkin sedang berpikir untuk menyetujui ide saya.
Abi: "Cina dong" 
Jawabnya mantab plus membuat saya terkejut
Saya: "Ha?! Kok Cina sih"
Dan sayapun membayangkan Cina dari sudut pandang saya yang membuat saya mengerutkan alis. Tapi cerita tentang Jalan Sutra, pelayaran perdagangan bangsa Arab ke negri Cina serta dinasti2 yang berkuasa telah membuat saya merubah cara pandang saya. 
Jadi tidak ada salahnya mempertimbangkan Cina untuk next trip :-)

Comments

masrafa.com said…
bener mbak, China bagus banget untuk belajar perjalanan agama Islam. Karena dari situ lah, kemudian Islam merambah ke Asia Tenggara.

Aku pingin banget bawa anak-anak ke China. Masguh udah usul sih, kalo aku ke sana kerja sekalian bawa keluarga dan extend untuk liburan. Tapi masalahnya aku ke sana selalu ke pabrik, yang jauh dari mana-mana. Kasian mereka
Hani said…
nggak bisa ya abis business trip sambung cuti biar bisa jalan2 bareng...hehehe. ntar kalau duluan kesana bareng anak2, share ceritanya banyak2 diblog yaaa :-)

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru