Tenggara

Pulau Lombok terdiri dari 4 kabupaten; Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara yang merupakan pemekaran dari Lombok Barat. Sssttt...dengar2 gossip katanya bakal ada kabupaten Lombok Selatan.

Pemberian nama wilayah di Indonesia berdasarkan arah mata angin. Alasan menggunakan mata angin tentu ada sejarahnya. Menarik untuk dipelajari karena negara lain hanya sedikit yang menggunakan arah mata angin sebagai pembagi wilayahnya.

Walaupun saya senang geografi, tapi ketika ditanya suatu tempat dan yang ditanya menggunakan orientasi mata angin, saya pasti bingung. Bagaimana menentukan kalau rumah si bapak A ada diselatan mesjid, lha posisi tempat saya berdiri saja saya tidak tahu...hehehe.

Tapi yang unik, penggunaan arah mata angin sebagai pembagi wilayah hanya utara, selatan, timur, barat dan selain yang utama itu hanya tenggara yang banyak dipakai. Saya tidak tahu apakah ada wilayah yang menggunakan arah barat daya, barat laut atau timur laut. Ada mungkin, tapi tidak sepopuler arah mata angin lainnya khan

Kenapa ya...

Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru