Dusun Pelolat


Tidak susah mencari informasi mengenai kampung yang penduduknya membuat gula merah, salah satunya adalah Dusun Pelolat. Secara administratif, Dusun Pelolat masuk wilayah Desa Bangkaung, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Wilayah yang berada diketinggian ini, dianugrahi keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Setelah bertanya kepada teman, kami disarankan naik ojek saja. Sebenarnya ingin soft trek, tapi karena rencana yang dibuat sifatnya spontanitas saja sehingga tidak banyak persiapan yang dibuat, kami memilih naik ojek saja.


Sepanjang jalan menuju Dusun Pelolat adalah tanjakan dengan kemiringan nyaris 50 hingga 60 derajat. Untung tukang ojeknya handal jadi kekhawatiran saya bakal jatuh bisa ditepis. Maklum pelolat artinya licin dalam bahasa Sasak.

Sampai di Dusun Pelolat, para tukang ojek yang memang akrab dengan penduduk lokal, membantu kami mencari informasi dimana bisa melihat penduduk yang membuat gula merah. Menelusuri jalan desa dan bertemu dengan orang lokal yang ramah. Dan aroma harum gula aren membuat kami tersenyum.


Sang tuan rumah menyambut kami dengan ramah. Cukup lama kami berbincang-bincang mengenai pengalaman mereka membuat gula merah. Sayang karena proses pembuatan gula merah hingga 5 jam, terpaksa kami menunda untuk melihat gula merah yang sudah jadi.


Tapi kami berjanji kepada sang tuan rumah untuk kembali lagi dan tentu kami memilih untuk soft trekking :-)

Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?