Lapis Surabaya

Saya dan Dewi, teman baik saya, adalah penggemar Lapis Surabaya. Teksturnya yang lembut...hmm, siapa sih yang tidak menggemari jenis kue yang satu ini. Ketika sama2 di Lombok, sebagai penikmat Lapis Surabaya, kami sering membeli bersama. Cara menikmatinya adalah lapis demi lapis sambil berhitung...hehehe, maklumlah sepotong Lapis Surabaya khan lumayan mahal. Sebagai penikmat, kami lebih mengandalkan menikmati Lapis Surabaya dengan membeli dan keinginan untuk membuatnya sendiri...hmm, prinsipnya selama bisa beli dengan mudah, kenapa harus buat…hahaha.

Dan ketika kami sama2 mendapat kesempatan melanjutkan studi disini, keahlian Dewi didapur diasah dengan baik. Apalagi dia memiliki seorang teman yang memang pintar masak dan membuat Dewi semakin lincah didapur. Sedangkan saya...ya so so alias biasa2 aja. Selalu ada cerita menarik tentang pengalaman masaknya ketika kami bercerita entah itu ditelpon atau imel.

Waktu Dewi mengunjungi saya, secara iseng dia mencatat resep Lapis Surabaya dari buku seri masak Primarasa milik saya. Dia tahu kalau saya memang tukang koleksi buku2 resep masakan tapi jarang praktek...hehehe. Sedangkan dia kebalikannya. Setelah dia kembali ke Christchurch, tidak beberapa lama kemudian, dia lapor kalo sudah berhasil praktek membuat Lapis Surabaya.

Dan cerita tentang kue yang satu ini semakin seru. Suatu ketika saya menerima imel dari Dewi dengan judul Sekolah atau Jualan. Ah ternyata dia asyik jualan Lapis Surabaya dan meninggalkan sejenak urusan penelitiannya. Gimana tidak asyik, sepotong Lapis Surabaya bisa dihargai $1…lumayan khan untuk menambah duit jalan2. Saya terus terang kurang minat membuat Lapis Surabaya karena yang jelas pasti dipelototin si Abi melihat telur yang diperlukan untuk membuat Lapis Surabaya…hahaha. Jadi saya tetap jadi penikmat kue yang satu ini. Dewipun tahu dan berniat mengirimkannya.



Kiriman itu sampai dalam satu hari dan habis dalam satu jam saja. Kini anak2 jadi penikmat Lapis Surabaya dan Tsaqif berkomentar “bikin dong bu” dan sayapun hanya merespon “well, tanya Abi dulu dan buat sendiri ya nak” sambil menunjukkan buku resep Primarasa...

Comments

siwoer said…
iyo mak, ndang nggawe lapis legit...eh suroboyo deng, ntar kirim ke bogor ye? :D
Fun said…
wuaah enak enak.. :)
Linda said…
hmmmmmmmm lapis surabaya mantaaaaaaabs mbak :)
ayo mbak bikin :D
Anonymous said…
waaah beneran dikirimin dari lincoln ke hamilton?
coba ah aku protes kok itu lapis surabaya gak mampir ke hornby dulu, hehehe...

yuana
Anonymous said…
Kalau bisa dikirim, kenapa harus buat? Setuju? hehehe... Dewi memang seneng banget kalau sudah giliran buat pastel dan lapis surabaya. Trademark dia di Lincoln, dan memang belum ada pesaing. Paling sip deh :P Trademark-nya Hani apaan dong? :D
doel
jojo said…
hihihi... ternyata hobi kita sama: mengumpulkan buku resep masakan tapi jarang banget nyoba (heheh... abis masakan teteh di rumah dah enak banget....).

hebat ya mbak, temannya itu, di nz aja bikin lapis legit.... meskipun kalo di kasih tetap aku makan, aku sendiri consider lapis legit sebagai "kue kurang kerjaan", soalnya ngerjainnya luammma banget....
alaya said…
emang enak, tapi kalo bayangin telur yg dipake banyak banget kok jadi males ya... hehehe
vi3 said…
wah wah wah.. lapis surabaya juga favorit vi3.. tapi emang ampun deh kalo bikin sendiri mah rugi bandar..
Since-Yen said…
Tsaqif, ayo dicoba nak, ntar tante dibagi yaa :)
Luigi Pralangga said…
Aku jadi makin ngecess aja nih liat jajanan pacar.. eh pasar (tuh, khan!) macam si lapis surabaya ini..

Maunya dibikinin aja deh.. kalau bikin sendiri mesti akhirnya gak jelas gitu rasanya, segitu udah juling mbaca si resep ampe kertasnya lecek :D
ruthy said…
allow mbak pa kabar nih...dah lama gag mampir...

hehehhee...aku juga pasti titip tuh lapis surabaya or kue mandarijn dari solo, setiap kalo bonyok kesini....yuuummmm
Kampret Nyasar said…
Neng,

Gimana si lapis surabayanya?
Ohya, Aku mudik dulu.. per July utk 3 minggu, balik ke Monrovia. insyallah siap2 manuver ke Darfur Region..

Salam buat Abi dan pasukan dirumah. Diupdate atuh via email yah. Nuhun pisan!
Ahmad Husein said…
Halo mbak, long time no see...

Mbok ya saya dikirimi itu kue-nya. Saya pasti menerima dengan tangan (dan mulut) terbuka, hahaha...

Salam hangat...
Anonymous said…
haaann contek dong resepnya .. kali aja beda sama punya kuuu .. imel dong imel ... hihihi..

aku juga fans berat lapis sby, tapi kayanya kalorinya segudang .. jadi ditahan2 kalo mau bikin .. huhu!

- ika -
Vina Revi said…
Emang kudu pake berapa ratus telor sih, Jeng?
Lili said…
akyu juga penggemar berat lapis surabaya.... tapi bikinnya yaa ntar dulu..he.he..

Ummi Hani, akyu lagi senang daur ulang nih..
Mama Rafayra said…
setelah bisa bikin kue sendiri, masguh selalu mengajukan pertanyaan "brapa telor nih ma?"

soalnya dia pernah kejebak sama lapis surabaya ini. Enak aja makan 5 potong, pas dijelasin kalo 1 loyang itu butuh 30 kuning telor ... langsung menolak potongan lainnya. hahaha
monsterikan said…
lapis legit ... nikmatnyoooo
hi mate, this is the canadin pharmacy you asked me about: the link
Kampret Nyasar said…
Juragan,

Kumaha nih kok gak ada update lagi sih? Saya udah balik kerja di negeri si bau kelek lagi nih!
putri said…
Pa kabar???
funeno said…
gimana nih mbak hon, belom habis juga kue lapisnya? apa lagi ngepapers?
Maya Hirai said…
halah, lapis udah ga legit(karena habis) juga masih dipajang gene, mana dong yang legit nyaa..^-^
Gimana bu? lagi panik beres2 mudik kah? ko lama tak nampak?hehe.. kutunggu deh nampak nya di depan pintu rumahku:)
mayaa said…
waduh tampaknya si ibu lagi bertempur nih? jadi kapan merdeka nya? selamat berjuang ya honey;) biar cepet 'merdeka' dan kita ngumpul di soi;>
bril said…
buuu...lapis legitnya dah bulukan tuuuuwh....ganti dengan yg lain!!! :)
rea said…
Halo Mbak,

salam kenal...
jadi ngiler liat lapis surabaya-nya nih...
boleh minta resepnya ga kalo tidak keberatan?
Email saya: puturea@gmail.com. Thanks a lot ya...
mediana said…
Ooooo ini namanya lapis surabaya to mb? sy yg tinggal di sby baru tau klo ini namanya lapis sby.. taunya makan doang, hehehe.. salam kenal mb, mampir yah..
[h@nie+widjAya] said…
finding Hani ?. aku HANI.... Hani Wijaya......:D
dpalupi said…
Hello Hani, saya jg dr christchurch, jg punya temen namanya Dewi dr lombok (lengkapnya Dewi Krisnayanti), jangan2 ini Dewi yg sama ya? soalnya Dewi temen saya jg pinter bikin lapis surabaya.

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart