Happy school day Miska

welcome miska main ayunan

Di New Zealand, anak2 mulai mengenal sekolah ketika mereka berumur 3.5 tahun dan taman kanak-kanak adalah gerbang pertamanya. Sebenarnya TK tidak wajib bagi anak2 disini. Tapi apa salahnya mereka mulai bersosialisasi khan. Ada dua sesi di TK, sesi pagi dan sore. Untuk anak2 dibawah 4 tahun, mereka masuk sesi sore yang mulai dari jam 1 hingga jam 3 dan hanya 3 kali seminggu. Ketika mereka memasuki usia 4 tahun, mereka pindah ke sesi pagi dari jam 9 hingga 12 dan dari Senin hingga Jum'at.

Ketika Miska tiba disini, dia sudah berumur 4 tahun. Dengan pertimbangan untuk mengenalkan lingkungan baru, saya masukkan dia ke TK. Karena saya harus kekampus tiap hari, si Abi jadi lebih banyak terlibat dengan kegiatan Miska di TK dan saya hanya menerima laporan dari Miska dan Abi tiap hari...hehehe. Tidak ada kesan yang membuat saya khawatir menurut saya. Miska sangat menikmati hari2nya di TK dan begitu juga Abi yang selalu setia ikut field trip yang diadakan TK.

birthday cake miska

Usia 5 tahun adalah usia dimana anak2 memasuki tahapan sekolah selanjutnya yaitu SD. Selalu ada ritual di TK untuk anak2 yang berulang tahun ke-5. Begitu juga Miska. Dia sudah tahu kalau dia berulang tahun dibulan Juni ditanggal 16. Sebelumnya orangtua akan diberitahu untuk hadir ketika acara ulangtahun karena itu merupakan sekalian hari terakhir mereka di TK dan selanjutnya akan memasuki SD.

Tapi sehari atau dua hari sebelum Miska ulang tahun, kok belum ada kabar dari gurunya mengenai acara ulangtahunnya. Akhirnya Abi berinisiatif untuk bertanya. Yang ada hanya kekagetan antara guru dan si Abi. Sang guru kaget ternyata Miska akan segera ulang tahun dan si Abi kaget ternyata dia salah menuliskan tanggal lahirnya Miska, yang mestinya 16 Juni...lha ini kok jadi 5 Juli. Ealah bi, anaknya baru 4 kok sudah terbalik-balik nulis tanggal lahirnya tho...hehehe.

Karena tanggal 16 Juni jatuh hari Sabtu, maka ulangtahunnya dirayakan dihari Seninnya. Jangan bayangkan ada badut atau puluhan balon atau kue tart sekalipun ketika seorang anak TK merayakan ulangtahunnya. Buat saya malah terbilang sangat sederhana tapi begitu berkesan. Si anak akan duduk diantara gurunya didepan dan dikelilingi oleh teman2nya. Sang guru mulai bercerita mengenai si anak sambil melihatkan hasil karyanya yang disimpan rapi disebuah folder. Kemudian bermain yang menggambarkan kalau si anak sudah saatnya memasuki gerbang sekolah selanjutnya.

Happy school day sayang...hari2 yang menyenangkan di SD menunggumu bulan depan ;-)

Comments

sinceyen said…
'met ulang taun Miska!
Diberkati Tuhan selalu, sayang :)
Nina said…
Hepi beldzday kakak icha. Celamat macuk cekolah sd. ;)) hugs: kezia, mom and dad.
Hany said…
Miska, met ultah ya sayang! Smeoga sehat selalu.

Btw, ini pisang molen 2 kerdus [fantasi hihihi] hadiahnya. ;)
ummu hafiz said…
selamat ulang tahun, Miska.

di NZ umur 5 tahun sudah SD ya?
Domba Garut! said…
Selamat ulangtahun Miska, semoga senantiasa dalamlindungan Allah SWT semua sekeluarga.

Salam kangan dari Liberia..
bril said…
ah....Miska sudah besaaar...:)
semoga tambah pintar, sehat, dan bahagia....
Anonymous said…
met ultah ya mizka .. semoga panjang umur, sehat selalu dan tambah pinter! udah mau sd niih .... si abi teh kumaha euy, anak 'baru' 4 udah lupa kitu tgl lahirnya ... hihihhi!

*ika*
Anonymous said…
Happy belated bday utk Miska. Semoga cepat besar dan kelak menjadi anak yang berbahagia, soleh dan taat kepada Robbnya serta kedua orang tua .. amin.



Tira
funeno said…
happy schoolday juga Miska! kapan2x oom bagas tengok di hamilton ya! amiin3x hehe..
yanti said…
happy belated b'day Mizka... selamat sekolah juga :)
Ossy said…
Duueeeekkkkkkk udah mo SD ni yeee.... duuhhh anak2 kenapa cepet bgt gede yah Han.... padahal kadang kita masih menikmati kelucuan2 saat mereka kecil.... hihihihi
putri said…
Barakallah usianya ya Miska. Semoga selalu menjadi anak yg sholehah. Selamat menikmati masa sekolah ;)

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart