SIM

Sebagai pengendara motor yang baik, tentu saya punya SIM C. Tapi saya juga punya SIM A walaupun saya bukan pengendara mobil yang baik...hmm, malah bisa dikatakan buruk mungkin. Lha wong cuma spesialis dijalan2 lurus dan sepi saja...hehehe.

Semua orang juga tahu kalau untuk mendapatkan SIM di Indonesia tergolong mudah bahkan terlalu mudah. Saya cukup mengeluarkan 3 lembar uang 50ribuan untuk mendapatkan SIM A. Kebetulan dapatnya secara kolektif jadi mungkin murah juga kali ya.

Di New Zealand, wah jangan mengharap terlalu banyak untuk dapat SIM dengan mudah. Buat saya malah terlalu ribet. Untuk yang sudah bisa mengendarai mobil sih gampang. Tinggal ujian teori dan praktek dalam satu hari, kalau dinyatakan lulus, SIM sudah ada ditangan. Tapi kalau tidak bisa mengendarai mobil seperti saya? Panjaaang prosesnya. Saya harus tes kesehatan dulu kemudian ujian teori dan kalau lulus dapat Learner Licence , namanya. Setelah itu harus melewati proses 3 hingga 6 bulan untuk mendapatkan Restricted Licence dengan lama proses yang sama baru bisa dapat Full Licence. Setiap tahapan ada batasan2nya. Seperti Learner Licence harus didampingi orang ketika mengendarai mobil dan mengendarai mobil dalam waktu2 tertentu.

Temen saya berniat untuk mendapatkan SIM New Zealand. Tapi saya pikir buat apa. Lha wong dia dalam waktu yang tidak lama akan menyelesaikan studinya. Nanggung amat, judulnya. Tapi dia tetap nekat. Yang penting punya SIM New Zealand, titik! Toh mungkin kalau sudah pulang kenegaranya sana mau Learner kek, Restricted kek ataupun Full kek...polisinya terima saja.

Lain lagi temen saya. Dia punya SIM A dan hingga SIMnya itu kadaluarsa, dia belum juga menggantikannya dengan SIM New Zealand. Sibuk, katanya. Alhasil setiap mengendarai mobil, dia selalu panik kalau lihat mobil polisi...hehehe.

Kalau Abi? Mumpung SIM dari Indonesia bisa dipakai dalam jangka waktu satu tahun...yah dia pikir nanti2 aja deh. Ketika si Abi habis kerja, kebetulan ada patroli polisi yang menghentikan mobilnya. Seperti biasa, ditanya SIMnya dong. Ketika mencoba mencari didompet, lho SIM A-nya entah kemana. Gimana nggak panik. Tidak bawa SIM berarti 250 dollar melayang. Tapi kebetulan yang ada SIM C. Dengan perasaan masih tidak karuan, akhirnya disodorkanlah SIM C itu ke polisi sambil menerangkan bahwa ini SIM dari Indonesia. Sambil mengangguk2, si polisi berterima kasih dan pergi. Duuuh...seandainya si polisi tau aja itu SIM buat motor...hehehe

Comments

Anonymous said…
ha ha ha, bisa gitu ya?
Kalo di sini, kalo petugas ngga ngerti bhsnya, langsung ditolak deh :D

--durin--
Anonymous said…
Enak lho punya SIM sini... berlaku 10 tahun, jadi kalau nanti balik lagi nggak perlu buat baru.. :)
doel
Hany said…
Wahahahhaha.. haduuuh, untung nggak ktemu pak Polisi yg ternyata bisa basa Indonesia.

Tenang, Han. Kalo ke sini tak suguhin sampe kenyaaang...
Sama mbak! Suamiku pas di Brisbane dulu juga gitu, SIM A nya expired, tinggal SIM C. Kan dikasih ke petugasnya..terus petugasnya nanya.." What does C stand for?" terus di jawab sama suamiku..." C stands for CAR"

HUahahahahaha...

Dasar!

Bunda SHafiya

http://keluargazulkarnain.blogspot.com
MAY'S said…
Padahal buat ndapetin SIM C di Indonesia yg segitu mudahnya aja saya maleeeesssss buanget....
Anonymous said…
huaaa mas boen untung bgt ya mbak,aku sampe ngakak baca yg plg buntu huahahahahah...

++Retno
Anonymous said…
ahahhaa .. sim c .. kalo di sini pas disetop ga bawa sim biasanya dikasih waktu 24 jam utk nunjukin sim asli .. kalo ga punya baru deh di dendaa ...

di nz sim dari negara lain ga perlu di translate ya han ?

*ika*
putri said…
Lha... itu kan hebatnya orang Indonesia mbak... hahaha...
cyntha said…
wuih.. untung bisa lolos ya? hehehehe
slm kenal :-)
Anonymous said…
Huahahhaaha, bisa aja Abangnya Hani nih:D asli ngakak bacanya, senyam-senyum sendiri jadinya...
apalagi baca comment-nya BundaZhafiya, ..." C stands for CAR", hahhahahha
Indonesia kaleee ya...

*Nisa
sa said…
waa.. beruntung bangett..
linda said…
waaaaaaaaaaah beruntungnya abi :)
Anonymous said…
mbakkkkk...
de jadi inget sama SIM A yang ada di dompet skarang ini. Tadi abis baca posting ini tak buka....ealah expired April 2004 hiks

skrg udah april 2007 ajah

ampyunnnn

makasih mbak jadi di ingetin
aroengbinang said…
lucu juga, jadi mesem2, itu polisi pasti ketawa kalo tau dikibulin; kalo kepepet memang gak ada salahnya usaha apa saja, siapa tahu bisa bermanfat. salam.
manler said…
Kebayang ga kalo itu polisi ato temennya baca blog ini, wah bisa pecicilan tuh mata polisi sana nyari SIM C...:)
nikeyudi said…
horeeeee...pak polisipun kecele dan abi selamat serta uang denda tak jadi melayang hehehe...
apa kabar mbakku?lama ya aku ndak nongol, maklum baru turun gunung nih hehehe...*alesaaaan*
anky said…
Salam mbak Hani ..

untung itu polisi mudah percaya ya ... dan yang terpenting, belum pernah tinggal di Surabaya seperti cerita seorang bapak di kedubes Amerika itu ya ... heheh, bisa gawat ... untunglah, 250 dollar bisa dihemat ...
Dias said…
hehehehe... beruntung ya polisinya gak bisa bahasa indonesia :D
stradivari said…
aku memaren ketemu temen yg kerja di kedutaan nz, aku tanya ttg mbak dia gak ngeh sampe aku bilang itu student yang anaknya 4 .. eh ngeh lho dia mgetop juga mbak. Mbak ajarin jadi PR NZ dong japri deh wijayaningrum@yahoo.com
ARS said…
lho, emg boleh yah pake SIM keluaran indonesia disana?
Hallo Tante Hany apa kabar?
Baek aja ya?
Cerita-ceritanya ama foto-fotonya menarik nih.
Oh ya, sekalian info, blognya papa sudah aku kudeta jadi milik aku. Abis kelamaan gak diupdate sih.
Nanti mampir ya ke amboina.blogspot.com.

salam ^-^

tiara
aVank said…
SIM?
susah bener deh
musti 3 hari bolak balik ke kantor polisi
musti tes ini itu
(versi ga nyogok)
hehehe ^_^V
rani said…
ada apa bu?
aku emailkan segera ya alamatku,
sorry baru beredar lg di dunia maya :(
Ass wr wb.Hello mbak Hani...apa kabar nih..? Gimana dede di perut? baik2 aja kan?

Oya mbak..aku mau pamitan nih..insha ALlag tanggal 9 Mei ini aku udah ada di Waingapu. Menjalani masa bakti dr spesialis.

Wah...sumba emang eksotik ya mbak...Tapi nggak cuma sumba aja kayaknya..NTT is the best..Percuma dulu whale watching dan feeding dolphine di Queensland..:-( Dibandingin ama whale hunter ama lihat dolphine di ALor...Queensland jadi seujung kuku deh..

Ah..Indonesia emang Indah...:)

Oya mbak..baca komennya mbak Ninink...ajarin juga dong jadi PR NZ :) Sekalian aku minta alamat mbak Hani di NZ dong...:) Japri ke dr_rosalina@yahoo.com yaa
Labibah said…
wakakakaka temenku disini malah nunjukin ke polisi Montreal pake KTP wakakakaka diterima aja tuh dkira Sim hihihi
siwoer said…
jan...ora emak, ora bapake, podo wae..senengane ngapusi pulisi NZ! :P
Anonymous said…
nah kubilang ape, so.. tergoyahkan bisa nyupir dan bikin sim ga?;;) Halagh lagi hamil pula.. tantangannya lumayan jugaB-)met bajuang Niinn..
*fmayaa tea,lagi ga login neh
sinceyen said…
Hahahaha... selamat... selamat... *sambil ngelap keringat dingin* :D
Kampret Nyasar said…
Hanya di Indo aja kok yang pake A-BE-Ce segala..

Cerita SIM-ini jadi ngingetin aku utk cek kapan si SIM ini kadaluarsa dan KTP serta kartu2/surat2 terbitan di kampung lainya.

2 minggu lagi liburan dulu ah!, janjian/kencan sama si idung pesek, ketemuan di Dubai..
linda said…
SIM indonesia bisa diterima internasional ya mbak :D
keluarganugraha said…
wagagagaa... polisi nz ternyata tulul juga yak.. woahaha... :))
sinceyen said…
Mana nih yg nanya2 crita copet? Tuh udah terbit critanya :D
dodY said…
SIM C....

C stands for Car! hehehehe!
sinceyen said…
Masih sibuk Han?
Lili said…
ya ampyun untung ada SIM C..he.he.. itu polisi kecele juga yaa.. berarti perlu ada pengetahuan sim dari seluruh dunia utk para polisi, atw jgn deh biar sim kita bisa kepake..he.he..

Ummi apa kabar?
ario dipoyono said…
weleh yang salah tuh polisisnya, dia ga belajar bahasa Indonesia sih padahal entah kapan dalam tahun2 kedepan Bahasa Indonesia bisa jadi bahasa Internasional

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?