Nyontek?!

100_1259

Siapa yang tidak pernah nyontek? Terus terang saya pernah. Entah beberapa kali, yang penting praktek menyontek pernah saya lakukan ketika saya SMP atau SMA dan bahkan ketika kuliah. Kuliah?! Tapi ceritanya jadi lucu karena terlalu banyak bahan yang harus dihafal, jadi saya dan beberapa teman dapat jatah bagian masing2 untuk menghafal. Ketika ujian, kita saling berbagi hasil hafalan sesuai pertanyaan yang diajukan. Nah kalau begini salah dosennya atau mahasiswanya ya...hehehe

Di universitas saya sedang masa ujian selama 2 minggu. Disetiap ruangan ujian ada tanda peringatan bagi para tukang contek. Kalau sudah begitu, pasti ada indikasi bahwa praktek menyontek masih dilakukan para mahasiswa.

Ketika teman saya sedang belajar diperpustakaan, dia bercerita bahwa seorang mahasiswa sedang sibuk menulis diselembar kertas dengan tulisan yang super mini. Ah, apa lagi kalau bukan untuk contekan.

100_1257 100_1258

Ternyata tidak hanya dipintu ruang ujian saja yang ada peringatan bagi para tukang contek. Pintu toiletpun jadi tempat peringatan bagi mereka. Ternyata praktek menyontek itu dimana-mana ya...

Terus terang juga kalau saya masih sering menyontek. Tapi tunggu dulu...tidak dalam setting akademis lho. Saya menyontek ditempat yang berbeda, yaitu dapur. Setiap saya masak, saya harus menyontek resep dari berbagai sumber. Soalnya kalau saya tidak menyontek, bisa dipastikan para penilai dimeja makan memberikan nilai D atau F untuk saya...hehehe

Comments

Labibah said…
wah, kau ternyata rajin juga ngapdet blog.
nyontek? pernah. pas kuliah karena ngebantuin temen yg gak sempet belajar karena ayahnya baru meninggal.

suamiku dulu sering banget ujian toefl diletakkan ditengah-tengah buat dicontekin kanan kiri. S2 di Indonesia kan kudu bisa mencapai 450. jadilah suamiku berkorban jiwa raga demi teman2nya.

maap lahir batin ya han.

anak2mu yg njagain sapa han? klo kau ngampus?
bril said…
pas kuliah saya rajin banget nyontek *lho, kok bangga???* Pernah lagi asyik nggebet buku, eh buku setebal bantal itu malah jatuh. gedebug! dan pak dosen pun ngeliat. batal deh nyonteknya.... :D
yanti said…
aku pas kuliah beruntung banget... di "sono" ujiannya open book.. hehehehe...

maaf lahir batin ya mbak, semoga Allah menerima ibadah kita semua.
Anonymous said…
pas sma pernah contek-contekan. eh yg dikasih contekan ngeyel. akhirnya malah diskusi buat jelasin ke dia he he he..itu nyontek apa nyontek ya :D

--durin--
linda said…
maap lahir batin ya mbak

nyontek? pernah mbak, malah waktu SMEA pernah ketauan nyontek sama guru. pas lagi ulangan Bisnis & Hukum Perdata Dagang. Jadi critanya linda duduk paling depan persis di depan pintu. trus linda tulis contekan di atas meja pake pensil. selama ulangan kok bu guru betah banget berdiri di sebelah linda. linda sih cuek aja, trus selesai ulangan linda gantiin posisinya bu guru. Oh My God, ternyata contekannya kebaca mbak. sejak itu gak berani lagi nyontek. tp pas kuliah kena virus nyontek lagi, apalagi dah akhir² soale dah pengen lulus aja ;)
ika said…
nyontek ? ih ga pernah deeh !! *boong banget* .. kekekeke !

nah yaa suka nyontek resep yaaa .. ketauan .. nanti kubilangin polisi resep lhoo .. LOL
Anonymous said…
hihihi abis ujian ya mbak, gimana sukses gak?
maaf lahir batin ya mbak hani, selamat kuliah!!

++retno
nikeyudi said…
mbakkuuu... selamat lebaran ya??maapin lahir dan batin *sungkem*. maap telat *maluw* soale baru turun gunung nih alias hiatus :D. hayoo..mampir ke blogku, ada bonus buatmu *tiing...ting*.okeh?
putri said…
Pertama ke Jerman.. saya pikir jg gak ada dosen ngurusin mahasiswa nyontek. Eh tahunya... mereka (student2 itu) jg suka nyontek lho. Trus.. saya perhatiin sama jg kayak di Indo... ada yg pakai kode di telapak tangan, pakai kertas kecil, atau coret2 dikit di meja hihihi...

Jadi sadar... 'mencontek itu bisa jadi dunia pelajar/mahasiswa dan bisa terjadi di mana aja di dunia' hahaha...

Ikutan ke Bali yuk mbak... Eh lupa.. met lebaran ya.. maaf lahir batin.
sa said…
duh.. pernah ga yaaa..
*bentar, nyontek buku catatanku dulu. aku pernah nyontek ga?? :lol:*
aaqq said…
nyontek juga dicontek *doooh.. boong bangeeeed* sering banget hi hi..
banyak banget deh triknyah.. kalo jadi guru sekarang.. pusing gak yah? pasti trik2nya anak2 itu makin canggih..
Anonymous said…
wah sepertinya semua orang yang pernah sekolah pasti pernah nyontek :) Tapi kebetulan saya termasuk orang yang paling grogi klo nyontek sampe keringetan sejagung-jagung ke ke ke musti nambah pengalaman niy :)
dodY said…
aduh, mbak....

membuka aib lama.... hehehe!
Hany said…
Weleh... asik bgt tuh poto2nya, Jeng.

Makanya, daripada repot tak bikin aja semua ujian open book. Emang sih, lbh repot meriksanya berhubung soale jadi dibikin lbh susah.
MaIDeN said…
Kenapa kita nggak pernah belajar dari enstein ?
MFI said…
1000x met berjuang ya mom!abis sih emak2 masih harus ujian gini hihi ya dapur juga ya kampus juga, ati2 jangan bawa centong ke kampus ya hihi.. lu u all, salam buat nak-anak
siwoer said…
kamu ini masih nyontek resep, tapi kok masakanmu masih keasinan yo mak?! emang ra bakat masak blas kowe kuwi mak :P

*bawa tangkis buat nangkis serangan golok :P*
Kampret Nyasar said…
Wah, jadi SKS (sistem kebut semalam) pun kayaknya mendingan deh daripada dapet "F" terus...

Kumaha si Abi dan anak2 sibuk dnegan project apa aja nih?
Yon's Revolta said…
Ngomongin dapur jadi laper :-)
Anonymous said…
Gmn hasil ujiannya sudah keluar atau belum? E-mail sudah saya buka n reply. Thanks.

Hmm.. Cheating ya..? Wah mengenai satu ini aku pernah waktu SMU. Habis gak kuat ngadepin MAFIA IPA (Mtk, Fisika, Kimia n Bio). Pernah buat sampe banyak krn udah gak kuat lagi ngapalin rumus Fisika yg bejibun. Eh gak taunya gak ada yg keluar smua :( Kalo skrg kuliah aku gak berani ngeluarin, perasaan dosen tuh ngeliatin aku trs pdhl mah gak. Herannya waktu sekolah di Venezuela malah gak pernah nyontek. Jaim kali ya.. Hehe
oRiDo said…
Nyontek yg dibolehkan dalam agama islam adalah nyontek keimanan orang lain, sehingga kita terpacu utk dapat memperbaiki dan meningkatkan iman kita..
selaen itu.. kayaknya gak boleh nyontek deh ..
;)
Anonymous said…
Nyontek????? wah banyak suka dukanya deh waktu di Indo. Tapi pas aku cari ilmu di Aussie , kok pikiran mau nyontek udah hilang sama sekali yach.....lha takut buanget aku kalau ketauan. Pusing ntar, bisa kena black list, ya khan? ya khan?

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?