Kaliandra

Dscf0894 Dscf0925

Dscf0926 Dscf0903

Pertama kali mengunjungi Kaliandra tahun lalu, saya langsung jatuh cinta. Kaliandra yang berada di bawah kaki Gunung Arjuno memiliki hawa pegunungan yang sejuk membuat saya tidak berhenti berdecak kagum. Pemandangannya luar biasa.

Dscf0927 Dscf0887

Kaliandra sendiri merupakan pesanggrahan yang menjadi tempat belajar tentang kearifan alam dan budaya tanah jawa. Dijalankan oleh Yayasan Kaliandra Sejati, Kaliandra memiliki fasilitas penginapan dengan rumah tradisional jawa beserta restauran kemudian pendopo yang dijadikan pusat kegiatan dan pertemuan serta fasilitas outbond, kebun organik dan tanaman obat.

Ketika di Palembang, anak2 ingin dari Jakarta ke Surabaya dengan kereta. Sebenarnya saya kurang setuju karena tiket kereta bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan tiket pesawat dari Jakarta-Denpasar. Harganya bisa 2 kali lipat. Belum lagi membayangkan posisi tidur yang bakal tidak beres selama dikereta. Tapi setelah voting, anak2 menang dengan 4 suara, akhirnya saya dan Abinya mengalah.

Karena akan mampir ke Surabaya, kenapa tidak sekalian membawa anak2 ke Kaliandra saja. Toh Kaliandra yang berada di Prigen tidak terlalu jauh dari Surabaya. Sekalian anak2 bisa ke Taman Safari yang letaknya hanya 2 km dari Kaliandra.

Ketika menghubungi Maria, seorang teman yang suaminya bekerja di Kaliandra, untuk minta tolong dibooking tempat disana, Maria bilang kalau tanggal yang saya rencanakan bertepatan dengan libur lebarannya para staff Kaliandra. Wah perasaan saya langsung campur aduk, antara senang dan sedih. Senang, berarti saya bisa menghabiskan beberapa hari di Bali dan sedih karena tidak jadi mengajak anak2 melihat sebuah tempat liburan alternatif yang saya yakin anak2 saya bakal menyukainya.

Tapi kemudian, Maria sms saya bahwa staff Kaliandra bersedia menerima kami. Wow! jadi tamu istimewa dong ;-)

Dscf0916 Dscf0915


Tidak salah dengan perkiraan saya, anak2 sangat menikmati tinggal disana. Walaupun tidak bisa belajar main gamelan ataupun outbond karena guru2nya lagi libur, anak2 cukup senang dengan jalan2 mengelilingi Kaliandra ataupun melihat proses pembuatan kripik nangka dan nanas.

Dscf0897 Dscf0902

Rumah tradisional jawanya Kaliandra mengingatkan saya pada rumahnya si mbah di Kebumen. Persis! Termasuk kamar mandinya yang terpisah dari rumah utama. Kalau rumahnya si mbah tidak berada dikaki gunung manapun yang menyebabkan airnya tidak sedingin di Kaliandra, perlu perjuangan sendiri untuk mandi...bbrrr, dingin banget!

Ada yang tertarik untuk mengunjungi Kaliandra? Oh iya, apabila ingin berkunjung tapi sampai Prigen tidak menemukan tempatnya, tanya saja pada penduduk setempat, dimana letak batako. Lho kok batako? Iya, karena Kaliandra dikelilingi oleh pagar tembok batako dan ini yang menjadi ciri khas bagi penduduk setempat.

Dscf0934

Terima kasih untuk para staff Kaliandra, Mas Mas'ud atas segala perhatiannya selama kami disana, Mbak Hermin, Mas Pri yang dengan senang hati mengantar kami kemana-mana dan tidak lupa untuk Agus dan Maria...thanks a lot!

Comments

Anonymous said…
interesting blog...terutama bagi yang hobby travelling...
sekedar info bahwa kaliandra telah menambah cottage yang lbh eksklusive (sangat nyaman untuk meditasi) plus kolam renang dengan air langsung dari pegunungan arjuna..
karena saya juga peduli perkembangan budaya jawa maka coba lagi berkunjung ke kaliandra
dan kalo masih ada waktu juga kunjungi Losari spa and resort web nya :www.losaricoffeeplantation.com yang mempertahankan budaya jawa nya..happy traveling....
Anonymous said…
Dear Mbak Hani,

Saya tahu tentang blog mbak Hani tahun 2006 saat saya meng-google "Kereta dari JKT ke Jawa" dan menemukan tulisan Kaliandra ini, sekarang saat saya membaca dari awal lagi.. banyak memori saat itu yang melintas :)

Terima Kasih banyak :D

Salam Hangat,

Wenny
Ahmad said…
Saya Imron asli penduduk sekitar Kaliandra, wah seneng sekali saya jika mbak menulis ttg Kaliandra

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart