Homeschooling

Setelah berpikir cukup lama dan atas persetujuan Abi, Azka yang sekarang berumur 5 tahun saya sekolahkan di rumah. Memang bersekolah di rumah belum umum di Indonesia tidak seperti di negara2 seperti Amerika yang telah memiliki kurikulum resmi untuk homeschooling.

Saya punya banyak alasan mengapa akhirnya Azka bersekolah di rumah. Melihat TK2 yang ada disini kok saya kurang sreg ya. Sekolah di sekolah internasional, biayanya minta ampun deh. Saya ingin memberi kebebasan kepada Azka apa saja yang ingin dia pelajari lebih banyak. Begitu menyenangkan melihat Azka bereksplorasi dengan berbagai macam hal. Kelasnya bisa di dapur, di halaman belakang, di sawah dekat rumah, dimana saja...

Saya masih harus banyak belajar mengenai homeschooling. Sementara ini informasi banyak saya dapat dari internet. Saya ingin berbagi dengan teman2 yang punya pengalaman dengan homeschooling, atau sekedar komentar dan masukan saya akan sangat senang membacanya. Please drop me a line...

Besok, saya akan membawa Azka dan Miska ke Lombok Timur. Karena dia sudah punya fin, masker dan snorkel sendiri jadi saya akan menemaninya snorkeling. Besok kelas kita di laut ya nak... ;)

Comments

Anonymous said…
juat wana share..
saya dulu guru sekolah tambang jadi ngerti dikit soal bikin kurikulum yg sederhana buat diterapkan di rumah.
mbak Hany pake framework IBO ajah kl masih kinder or elementary programmnya namanya PYP (primary years program)
semua mata pelajaran di kenalken dengan menggunakan tematik (gabungan 2/lebih subjek dengan tema). tapi harus mencakup 6 payung tema:
Who we are, where we are, how the worlds work trus kok lupa yah lainnya:D. search di google yah^_^
ehm..
mbak kan cerdas nie, jadi kl dah dapat info dari kurikulum IBO dari google pasti lancar deh program schooling di rumah buat si kecil.
sipp..sip..
nanti kl saya juga udah dapat momongan pengen juga kasih anak ilmu hidup melalui homeschooling. ( maklum saya mantan guru yang ga percaya kualitas pendidikan di Indonesia) hikss..
salam kenal
Dewi Ch
imel: dewi_chuz@yahoo.com

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru