The Have

Halaman rumah si Abah

Ketika di Sajang, kami menginap di sebuah villa yang merupakan villa seorang teman SMA-nya Abi. Karena beliau keturunan Arab, penduduk sekitar memanggilnya Abah Jamal. Si Abah merupakan seorang pengusaha yang banyak memiliki usaha diberbagai bidang.

Luas areal villanya si Abah kurang lebih 14 ha. Terdiri dari perbukitan dan dataran. Untuk mencapai villa si Abah kita melalui jalan tanah yang sudah dikeraskan, mungkin sekitar 1 kilometer dari jalan besar. Fasilitas listrik dipasok dari PLN dan Abah yang memfasilitasi jaringan listrik dirumah-rumah penduduk disekitar villanya.

Sajang

Air? Sajang kaya akan sumber mata air. Dan si Abah memasang pipa sejauh 13 km untuk mendapatkan mata air tersebut. Kalau lihat foto diatas, sumber mata air untuk keperluan villanya, ada dicelah antara gunung itu.

Kebun bunga

Ketika si Abah rutin mengunjungi villanya, ada tukang kebun yang mengurusi kebun bunga yang memiliki 23 jenis bunga dataran tinggi. Termasuk tulip, katanya. Sayang karena terlalu sibuk, si Abah jarang berkunjung ke villanya dan si tukang kebun sudah kemana barangkali. Dan yang tersisa beberapa petak kebun bunga, yang masih tetap enak untuk dinikmati keindahannya.

Jeruk

Durian

Tidak hanya kebun bunga. Areal villa yang termasuk super duper luas itu ditanami berbagai macam tanaman buah. Jeruk, durian, lengkeng dan leci. Dan jalan2 dikebun buah si Abah lumayan membakar kalori saking luasnya.

Kambing etawa

Selain tanaman, si Abah memiliki peternakan kambing Etawa. Harga kambing ini untuk ukuran dewasa jantan (2.5th) sekitar 10 juta. Dan yang difoto adalah kambing jantan berumur 1 th. Besar banget ya.

Dari keseluruhan areal villa si Abah, yang baru diberdayakan baru 4 ha dan selebihnya belum.

Dan kamipun...Saya, Abi, adiknya Abi, temennya Abi dan Mbak Retno yang pada ikutan liburan itu mulai asyik bercanda dan berkhayal tentang rencana-rencana yang bisa diwujudkan di areal villa tersebut. Bangun kastil seperti di Skotlandia karena pemandangannya mirip kata Mbak Retno yang mengambil program Masternya di Skotlandia, buat kolam renang air hangat, buat outdoor game, war game yang pakai nembak2 pakai peluru cat dihutan2 dalam areal villa, buat green house untuk bunga2 potong dan sayuran...termasuk dalam khayalan kami.

Dan seandainya Anda jadi si Abah, apa yang akan Anda buat...

Comments

Sue said…
hi..If you dont mind can you pls let me have the abah's full address.Im really keen about etawa.many thanks and have a nice day.
Hani said…
hi sue,

may i have your contact since you don't leave any contact here :)
Gudang Kambing said…
Waduh aslinya mana ya..... sangat bagus n to make interes me. teel me about complete address him (abah)

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?