Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan

Setelah 1 hari di Sajang, kita turun ke Sembalun yang merupakan tempat awal pendakian Gunung Rinjani selain Senaru. Kebetulan di Sembalun kita banyak kenalan yang merupakan teman2 yang aktif di pesantren pertanian, sebuah pesantren yang menitikberatkan kegiatannya pada pertanian yang selaras alam.

Sebenarnya saya orang yang cukup sering mengunjungi Sembalun. Tapi tidak pernah lihat pesantren pertaniannya, karena selama ini saya mampirnya ke rumah yang punya pesantren yaitu Pak Abdurrahman. Karena kebetulan saat itu penghuni rumah Pak Abdurrahman lagi pada di pesantren, akhirnya kita saya lihat pesantrennya juga.

Pesantren pertanian letaknya persis dibawah Bukit Pergasingan. Walaupun namanya bukit, tapi tingginya diatas 1000 meter. Saya jadi ingat sebuah gunung di Pulau Ambon, namanya Gunung Salahutu yang biasa dipakai mendaki oleh mahasiswa (saya sempat naik 3 kali) yang tingginya hanya sekitar 900 meter.

P1010093

Ketika di pesantren, saya tanya tentang Bukit Pergasingan. Menurut cerita, nama Pergasingan diambil karena waktu jaman kerajaan, raja2 senang naik ke bukit ini untuk bermain gasing. Wah terbayang betapa kuatnya fisik orang2 jaman dulu...mo main gasing saja pake acara naik bukit segala. Saya jadi tidak habis pikir, iseng banget ya mereka...hehehe.

Mereka iseng menawarkan untuk naik ke Bukit Pergasingan, hanya satu jam kok perjalanannya. Wah, menarik khan. Semua semangat pada ingin naik. Tapi berhubung hari itu sudah agak sore, akhirnya kita putuskan untuk bermalam di tempatnya Pak Abdurrahman yang memiliki beberapa bungalow dan rencana mau naik bukitnya keesokan harinya.

Saya mikir, waduh ini si Azka dan Miska gimana ya. Tadinya sih pengen cari porter untuk mereka, jadi mereka kalau capek bisa digendong porter. Cuma karena tidak berhasil dapat porter, dengan berat hati saya mengalah untuk tidak ikut naik dan nemenin Azka dan Miska dibawah...hiks :(

Besok Shubuhnya, mereka rombongan bersiap untuk naik, dan sayapun tarik selimut lagi, brrr...udaranya dingin banget, sekitar 10 derajat.

Dan inilah cerita mereka...

P1010097
Naik-naik ke puncak bukit. Khansa dengan riangnya naik bukit, itu terlihat dia masih pakai sandal abis itu sandalnya dicopot karena licin.

Pemandangan dari Bukit Pergasingan
Gunung Sangkareang

P1010122
Hallo...Tsaqif sudah sampai puncak *bangga*. Soalnya katanya Abi, sepanjang jalan, si Tsaqif bawaannya cemberut melulu...hehehe

Di Puncak

On the top

P1010124-1

Dan pemandangan dari puncak

P1010106

View

P1010110

P1010121
Doooh...si Oom Soel serasa dimana gitu :)

Avocado
Pulang dari Sembalun, kita bawa oleh2 alpukat yang dipetik dari halaman pesantren pertanian

Ada yang minat ingin naik Bukit Pergasingan, yuuuk...soalnya saya juga penasaran dan lagi nyari temen buat naik Bukit Pergasingan nih...hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru