Byar-pett


picture taken from this Posted by Hello

Daerah rumah saya termasuk lokasi yang lumayan sering kena pemadaman listrik. Kalau dulu, PLN akan memberi maklumat di koran lokal bahwa bakal ada pemadaman listrik secara berkala, tapi sekarang ini tidak pernah lagi atau... karena saya saja yang tidak pernah lagi beli koran lokal ya.

Dulu listrik padam biasanya 1 atau 2 kali seminggu mulai dari jam 6 sore hingga jam 9 malam. Tapi sekarang tidak sore atau malam, pagi atau siangpun listrik bisa saja padam. Lamanya listrik padam bervariasi, mulai dari hitungan menit hingga berjam-jam lamanya.

Terus-terang saya sering dibuat kesal dengan ulah PLN seperti ini. Pekerjaan saya jadi terbengkalai ataupun tertunda hanya gara2 listrik padam. Pekerjaan di dapur seperti penggunaan mixer dan blender yang sangat tergantung dengan listrik kadang harus saya siasati. Ketika sedang mengocok telur dengan mixer dan tiba2 listrik padam...terpaksalah si Mis kerja ekstra secara manual...yaa daripada kue saya bantat khan. Dulu untuk alasan praktis, saya sering menghaluskan bumbu dengan blender. Tapi karena listrik sering padam, ya lagi2 si Mis yang memang demen ngulek bumbu dengan senang hati akan menghaluskan bumbu secara manual. Dulu saya sering pakai juicer untuk mendapatkan sari buah, tapi karena lumayan sering listrik padam ketika sedang memakai juicer...ya kadang2 lebih baik beli saja deh yang siap minum dan banyak dijual dalam kemasan botol yang mudah didapatkan dirak-rak berpendingin di supermarket.

Penggunaan komputer dirumah yang lumayan tinggi juga jadi terganggu dengan padamnya listrik. Urusan dengan komputerpun harus saya siasati pula. Apalagi saya sering sekali membuat laporan dirumah. Kalau tiba2 listrik padam, mau tidak mau ya ngungsi ke kantornya Abi untuk menyelesaikan laporan. Dulu waktu mau posting diblog, saya main ketik saja diblog. Tapi semenjak listrik sering padam dan atas saran teman2, saya menggunakan notepad dulu supaya tulisan saya aman dan saya tidak perlu menggerutu karena hal2 seperti itu. Kalau urusan check email atau blogwalking, kadang2 rasanya lebih nyaman dan aman di warnet. Dan akhir2 ini saya sering ke warnet ketika jemput Khansa dan Tsaqif sekolah karena kebetulan jam pulangnya Tsaqif lebih awal dibandingkan Khansa. Jadi sambil menunggu, saya dan Tsaqif online di warnet.

Yang paling tidak menyenangkan adalah ketika sedang chat. Kebetulan saya sering menggunakan fasilitas Y!M. Mulai dari sekedar say hi dengan teman2, arisan bareng2 ibu2 blogfam ataupun diskusi serius. Suatu kali saya sedang diskusi dengan beberapa teman dan seorang peneliti mamalia laut. Tiba2...pett! Waduuuh...bagaimana ini. Mau ke warnet? Oh tidak...waktu menunjukkan pukul 11 malam. Akhirnya saya pasrah saja. Esoknya teman saya kirim pesan dan menanyakan mengapa saya meninggalkan ruang conference tidak pamit2. Wah tidak pamit...saya jelaskan masalahnya sekalian saya kirim email ke peneliti itu. Akhirnya dia menyarankan saya ikutan mailing-list saja supaya aman...hehehe. Akhirnya kadang2 kalau lagi chatting, saya ingatkan dulu kalau tiba2 saya offline...berarti listrik saya sedang byar-pett ;)

Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru