Sehari di rumah Pak Saleh

Pak Saleh adalah salah seorang teman baik dan sudah sering kerja bareng. Pak Saleh bisa dikatakan orang yang serba bisa...bisa jadi nelayan, bisa jadi boatman, bisa jadi guide lokal untuk memandu wisatawan yang mau ke pulau, bisa jadi pengusaha bibit mangrove...serba bisa bukan.

Rumah Pak Saleh berada di desa nelayan di daerah Sambelia di Lombok Timur, perlu 2 jam perjalanan dari Mataram. Kalau untuk liburan, biasanya kita pilih nyampe malam, karena bisa sekalian nunggu nelayan yang pulang mancing ikan karang atau cumi. Biasanya kalau ada nelayan yang bawa ikan atau cumi, langsung dibakar...hmm.

Tapi pas kita kesana, rupanya nggak ada nelayan yang mancing ikan atau cumi di daerah terumbu karang. Mereka semua pada melaut. Malam itu rupanya ikan dari jenis fusilier (waduuuh...saya ndak tahu nama indonesianya, tapi kalau ada yang ingin tahu, nanti saya carikan deh) lagi berlimpah. Karena kebetulan malam itu ada yang bongkar muatan ikan, jadi Pak Saleh dan istrinya sibuk menampung ikan hasil tangkapan.


Lumayan buat nambah2 cicilan kreditan motor :) Posted by Hello

Hasilnya empat ember besar. Setelah ikan dicuci, kemudian dilumurin garam kasar supaya awet. Besok paginya, penampung yang akan mengambil. Jadi Pak Saleh dan para nelayan tidak perlu repot2 lagi membawa hasil tangkapannya ke pasar.


Serabinya... Posted by Hello


Plecing kangkungnya pakai lontong? Posted by Hello

Setelah shubuh, pantai sudah ramai dengan orang2 yang menunggu para nelayan pulang. Sambil menunggu, biasanya ada yang menjual serabi dan plecing kangkung. Sebenarnya saya mengincar serabi yang pakai santan dan rasanya gurih. Tapi pagi itu, saya mesti kecewa karena si ibu tidak membuatnya. Si ibu penjual tidak membuat serabi yang pakai santan karena alasan habis hujan...lha, apa hubungannya coba.


Fresh from the sea Posted by Hello

Pagi itu tangkapan ikan jenis fusilier berlimpah. Para nelayan tinggal terima duit karena yang ngurus adalah para penampung.


Mau nambah ah... Posted by Hello

Setelah sarapan serabi, main pasir, berenang puas2...waktunya makan siang. Menunya nasi hangat, telur dadar, ikan goreng (bumbunya hanya asam dan garam saja, tapi rasanya...hmm) terus ada ikan kuah kuning (bumbunya juga simple karena hanya bawang putih, bawang merah, garam dan kunyit) dan tidak ketinggalan plecing kangkung yang rasanya...pengen nambah teruuuus.

Berminat berkunjung ke rumah Pak Saleh?

next posting...canoeing!

Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart