Raja Ampat


Abi, Sonja dan Jan Posted by Hello

Hani, I am looking forward to my trip to Raja Ampat end
of Jan. 2005 with Larry Smith on the Adventure Komodo. My dear friend Heidrun from San Diego will be my cabin mate.


Kalimat diatas adalah potongan email yang dikirim Sonja. Sonja mau ke Raja Ampat, bareng Larry pula? Dan perasaan sayapun campur aduk...


Raja Ampat. Picture taken from reefbase Posted by Hello

Raja Ampat adalah nama kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 610 pulau, dengan empat pulau besar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Kepulauan ini letaknya di barat laut Papua.

Dari hasil penelitian The Nature Conservancy, Raja Ampat memiliki keanekaragaman laut yang luar biasa dan memiliki ekosistem terumbu karang yang terkaya didunia. Menurut gosip para reef scientists, wilayah ini lagi diusulkan menjadi world heritage.

Untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut Raja Ampat, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan Sonja. Karena untuk bisa bergabung di Adventure Komodo saja, Sonja harus merogoh koceknya kurang lebih US$ 4200, belum lagi tiket pesawat Arizona-LA-Denpasar pp. Apakah kita rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk dapat menikmati keindahan alam negeri kita sendiri atau kita lebih rela menghabiskannya dengan jalan2 ke Singapura, Malaysia bahkan Australia (lha wong faktanya lebih murah khan...hehehe).

Sejauh yang saya tahu, selama ini yang mengunjungi Raja Ampat adalah orang asing (saya cukup sadar, karena tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi ke Papua). Bahkan yang berani menyatakan bahwa ekosistem terumbu karang Raja Ampat adalah yang terkaya diduniapun adalah orang asing. Kemanakah para ilmuwan kita? Apakah karena alasan biaya, mereka tidak dapat mengungkapkan betapa berharganya Raja Ampat? Media asingpun tak mau kalah dalam menceritakan betapa luar biasanya Raja Ampat, coba kita tengok BBC, NationalGeographic, MSNBC, dll. Sudah relakah media kita menyisihkan kolom2 dikoran2 dan majalah2nya ataupun memberitakan diprime time tentang sebuah kekayaan negeri ini. Sehingga saya tidak perlu lagi menterjemahkan kata demi kata setiap berita tentang Raja Ampat (lha...di Google, cerita tentang Raja Ampat nyaris berbahasa Inggris semua nih)

Perasaan saya campur aduk...saya ingin bisa pula ke Raja Ampat, saya ingin mengenal dan menyelami keindahan Raja Ampat, saya ingin dapat bercerita sendiri kepada anak2, saudara2 dan teman2 betapa negeri ini kaya sumberdaya alamnya...ah, apakah keinginan saya terlalu banyak?

Comments

Popular posts from this blog

Tukang pijat

Gado-gado

Kebiasaan baru