Lebaran Ketupat


ketupat Posted by Hello

Orang Sasak memiliki tradisi berhari lebaran ketupat seminggu setelah lebaran. Mereka masak ketupat dan lauk-pauknya sebagai hantaran untuk keluarga ataupun kerabat atau yang akan dibawa untuk wisata atau plesiran. Seperti tahun2 sebelumnya acara lebaran ketupat dipusatkan di kawasan wisata Senggigi. Jadi sepanjang kawasan pantai senggigi penuh orang2 yang merayakan lebaran ketupat. Biasanya gubernur ikut bergabung.

Saya pernah sekali mengunjungi Senggigi ketika lebaran ketupat untuk hanya sekedar ingin tahu saja. Wah luar biasa penuh dan jalananpun macet total sepanjang 5 km. Abis itu lebih enak menikmati lebaran ketupat di tv lokal deh karena saya ogah sengsara diantara kerumunan dan macetnya Senggigi...hehehe


sendang gile Posted by Hello

Sebenarnya kemarin pengennya males2an setelah seminggu kerja rodi di rumah sendiri, maklum si mbak mudik dan baru pulang setelah lebaran ketupat. Pagi2 malah ditelpon kakak ipar ngajakin ke Sendang Gile, air terjun yang ada di daerah Senaru di kaki Gunung Rinjani. Boleh juga nih, pikir saya. Belum siap apa2, udah dijemput. Wah, nggak jadi deh mo minjem si adik ipar kamera digitalnya buat motret pemandangan di daerah Senaru yang mirip2 Ubud gitu.

Sepanjang perjalanan yang menyusuri pantai, pantainya penuh dengan orang2 yang merayakan lebaran ketupat. Tumpah ruah deh. Wah, berarti Senaru dan Sendang Gilenya sepi nih, pikir saya. Khan orang2 pada numpuk di pantai.

Ternyata...saudara2, pikiran saya salah total. Sampai di Senaru, duuuh...itu yang mau mengunjungi Sendang Gile nggak kalah tumpah ruahnya. Tadinya udah males mau turun, cuma kakak ipar dan anak2 ngerayu supaya mau ikutan turun. Maklum menuju air terjunnya kita harus menuruni jalan dan tangga sejauh mungkin ada sekitar 350 m lebih dan lumayan bikin gempor kaki kalau yang tidak biasa.

Karena sudah lama tidak pernah aerobik, hasilnya turun ke air terjun ini kaki pada gemetar. Waduuuh belum naiknya lagi. Anak2 sih seneng aja malah senyum2 ngeliat ibunya ngos2an...duuuh nak!


crash Posted by Hello

Kebetulan yang bawa mobil adalah staff di kantor. Dia punya pengalaman bawa mobil ketika kerja di Arab Saudi. Cuma kita belum pernah liat dia bawa mobil, jadi harus diwanti bolak-balik untuk hati2. Sepanjang jalan, menurut saya sih, dia bagus kok bawa mobilnya, cuma...

Ketika dalam perjalanan pulang, pas tikungan yang lumayan tajam, si Bah, nama staff kantor itu, mau belok kiri cuma dia terlalu ke kanan. Dari arah berlawanan ada anak muda boncengan pakai motor lagi asyik bercanda ama temennya dan posisinya emang terlalu ke tengah jalan. Pas dia lihat ada mobil kita, rupanya dia kaget. Bukannya banting ke kiri jalan, malah banting ke kanan. Walhasil nabrak mobil kita dengan sukses. Gubraaak!!!

Wah, saya kaget luar biasa. Takut si anak kenapa2. Abis suaranya lumayan keras sih. Syukur ternyata nggak kenapa2. Cuma si Bah shock berat sampai nggak bisa ngomong. Tadinya mau diselesaikan di tempat, cuma yang punya motor pengen diselesaikan di kantor polisi. Terpaksa deh, kita nongkrong di kantor polisi sejam.

Akhirnya damai. Si Bah ngasih uang 50 ribu untuk yang naik motor. Tapi ujung2nya uang itu diminta ama polisi karena si anak ini nggak punya SIM dan nggak pake helm waktu mengendarai motor. Bah-pun diminta-in uang juga karena nggak punya SIM. Wah, gitu ya peraturannya? Hmm...

Well, ini badan baru terasa pegel2nya. Duuuh...nikmatnya kalo mijit di Spa (maunya), tapi berhubung di Spa berat diongkos, yaaa enakan dipijitin sama si Abi. Walaupun dia mijit sekedarnya, tapi karena mijit dengan cinta rasanya sudah sama kaya' di Spa kok...hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

Mesin cuci

Dokter kandungan atau bidan?