Borongan...

Guntur, Geledek dan Petir


Thunder, picture taken from this Posted by Hello

Lombok mulai memasuki musim hujan. Hampir setiap hari bisa dikatakan hujan walaupun kadang2 hanya hujan lokal. Biasanya kalau mau turun hujan, bisa dipastikan udaranya lumayan bikin gerah dan kalau sudah begini biasanya dampaknya ke Khansa dan Tsaqif yang lagi puasa, tapi Alhamdulillah mereka bisa bersabar hingga adzan maghrib.

Hari Jum'at lalu, hujan turun sangat deras. Akibatnya banyak...

Got dan saluran air, airnya meluap membawa sampah2 yang akhirnya mengotori jalan-jalan...hmm, luar biasa joroknya.

Karena hujan sangat deras, akhirnya penerbangan si James, temen dari Kenya itu dengan Agus, temen baik dari Kaliandra ikutan kena delay. Si pilot Citilink nggak berani ambil resiko masuk wilayah yang lagi hujan deras dan...waduh itu guntur, geledek ama petir nggak ada abisnya.

Dan karena guntur, geledek dan petir itu pula, internet service provider setia saya, Wasantara, ikutan kena dampaknya. Selama 5 hari terpaksa down dan sedihlah saya. Mau ke warnet...ogah, ngantri sih, kaya'nya frekuensi pengguna warnet naik di bulan ramadhan. Mudah2an yang diliat hal2 yang baik2 saja...hehehe.

Friends from Kaliandra


Sembalun, picture by Made Sangka Posted by Hello

Well, sekarang cerita tentang James dan Mas Agus. James adalah volunteer dari VSO, sebuah lembaga internasional yang berkedudukan di Inggris yang merekruit volunteer untuk membantu lembaga2 di negara2 yang membutuhkan.

Saya ketemu ketika James ketika mengunjugi Kaliandra. Kaliandra adalah nama sebuah tempat yang dikelola oleh Yayasan Kaliandra Sejati yang menyelenggarakan kegiatan seperti pendidikan lingkungan. Tempatnya bagus dibawah kaki Gunung Arjuno. Bagus untuk alternatif liburan untuk keluarga. Karena semua fasilitas seperti penginapan, ruang makan, ruang pertemuan dan souvenir shop ada. James sendiri adalah volunteer untuk Yayasan Kaliandra Sejati dibidang community development. Sedangkan Mas Agus adalah yang dipercayakan mengelola Kaliandra.

Karena James spesialisnya dibidang community development, akhirnya mereka diajak ke tempat2 temen yang melakukan kegiatan community development dan salah satunya di Sembalun, di bawah kaki Gunung Rinjani. Saya sendiri tidak ikut ke Sembalun karena nggak ada yang antar-jemput Khansa dan Tsaqif sekolah. Jadi mereka ditemenin sama Abi dan adeknya Abi.

Setelah dari Sembalun, mereka menginap di daerah Lombok Timur. Sayang James dan Mas Agus tidak punya cukup waktu untuk main di pulau2 kecil di wilayah Lombok Timur. Pulang dari Lombok Timur, Abi bawa sotong (cumi besar) dan langsung kita masak, Hmm...yummy.

Seperti biasa, anak2 seneng punya kenalan baru. James dan Mas Agus ramah sekali dengan mereka. Walaupun kemampuan bahasa Inggrisnya Khansa dan Tsaqif masih minim, tapi itu tidak menghalangi mereka berkomunikasi. Lagi2, mereka akan punya banyak koleksi perangko Kenya. Tsaqifpun minta permainan tradisional anak2 Kenya.


Large Lombok Spice Box Posted by Hello

Sebelum pulang, James dan Mas Agus saya ajak ke tempat temen baik saya yang punya art shop. James membeli sebuah bingkai foto yang diberi ornamen cukli. Cukli adalah nautilus yang hidupnya di laut dalam. Sayang fotonya tidak ada, tapi saya punya foto dari websitenya Antiki seperti yang diatas. Jadi ornamennya seperti itu. Bagus ya :)

Membaca Al Qur'an


Membaca Al Qur'an, picture taken from this  Posted by Hello

Ramadhan sekarang sudah memasuki hari ke-20. Biasanya anak2 ngaji di pesantren. Tapi karena guru ngaji mereka mau pulang kampung, akhirnya mereka ngaji di rumah saja. Karena Abinya i'tikaf di mesjid, jadi anak2 ngaji bersama saya. Kebetulan anak2 punya banyak buku2 tafsiran Juz Amma' terbitan Mizan, sehingga mereka tahu makna ayat yang dibacanya.

Semoga kalian menjadi anak2 tidak hanya mampu membaca Al Qur'an tapi juga mampu mengerti makna yang terkandung didalamnya dan mampu pula mengamalkannya. Semoga...

Comments

Popular posts from this blog

Belajar memanah @ Baliwoso Camp

A Forest of Fables

Martha Stewart